Laman

Selasa, 15 Januari 2013

Tugas 8 Berita Dampak Perubahan Sosial


Anak Butuh Biaya Sekolah, Ibu Curi Perhiasan



Pencurian | oleh Wahyudiono
Posted: 18/05/2012 07:31
Anak Butuh Biaya Sekolah, Ibu Curi Perhiasan
Liputan6.com, Sukoharjo: Karena terdesak biaya sekolah anaknya yang akan masuk SMA, Dwi Hastuti, seorang ibu rumah tangga di Sukoharjo, nekat mencuri perhiasan milik majikan di tempatnya bekerja. Sejumlah perhiasan seberat hampir 100 gram beserta uang tunai Rp 10 juta diambil tersangka.

Dwi Astuti hanya bisa menyesali perbuatannya saat diperiksa petugas Polres Sukoharjo. Dari pengakuannya, aksi tersebut terpaksa dia lakukan untuk menghidupi keluarganya dan untuk biaya sekolah kedua anaknya untuk mendaftar masuk SMA dan SD. Pasalnya, sang suami yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan tersebut tak bisa mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari terlebih untuk biaya masuk sekolah.

Dalam melakukan aksinya, pencurian tersebut dilakukan dengan waktu yang sama dengan cara berulang-ulang saat majikanya sedang mandi. Dan yang terakhir tersangka mengambil uang senilai Rp 10 juta yang disimpan di bawah tempat tidur.

Dua hari kemudian majikan tersangka yang merupakan warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, ini kaget karena kehilangan barang perhiasan berikut uang yang disimpan di almari dan di bawah tempat tidur tersebut.

Dari tangan tersangka, polisi tidak menyita barang bukti. Pasalnya, uang hasil pencurian sebesar Rp 10 juta itu sudah habis digunakan untuk membayar sekolahanaknya. Sedangkan puluhan gram perhiasan emas senilai total sekitar Rp 35 juta tersebut digadaikan tersangka. (YUS)

  • Latar Belakang : Kasus pencurian tersebut di lakukan karena keterbatasan ekonomi. Tersangka terpaksa melakukan pencurian untuk biaya sekolah kedua anaknya untuk mendaftar masuk SMA dan SD
  • Proses kejadian : Ia melakukan aksinya itu secara berulang ketika majikannya sedang mandi. dan dalam aksi terakhirnya ia mengambil uang senilai 10 juta dan emas 100 gram yang disimpan oleh majikannya di bawah tempat tidur.
  • Penyelesaian : Setelah sang majikan menyadari atas kehilangan hartanya, ia melaporkan tersangka ke polisi dan kemudian tersangka tertangkap dan di penjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar